Senin, 01 April 2013

The Dalvik Virtual Machine (DVM)


Salah satu elemen kunci dari android adalah Dalvik Virtual Machine (DVM). Android berjalan di dalam Dalvik Virtual Machine (DVM) bukan di Java Virtual Machine (JVM), sebenarnya banyak persamaannya Java Virtual Machine (JVM) seperti Java ME (Java Mobile Edition), akan tetapi android menggunakan virtual machine sendiri yang dikostumisasi dan dirancang untuk memastikan bahwa beberapa fitur bisa berjalan lebih efisien pada perangkat mobile (telepon genggam).
Semua hardware yang berbasis android dijalankan dengan menggunakan dalvik virtual machine untuk eksekusi aplikasi, pengembang tidak perlu khawatir tentang implementasi perangkat tertentu . Dalvik Virtual Machine mengeksekusi executable file, sebuah format yang dioptimalkan untuk memastikan memori yang digunakan sangat kecil. The executable file diciptakan dengan mengubah class java dan dikompilasi menggunakan tools yang disediakan dalam Android SDK, tampilan virtual machine saat dijalankan  seperti gambar 2.2 berikut :
Gambar. The Dalvik Virtual Machine.
Gambar 2.2 merupakan tampilan emulator pada saat menjalankan aplikasi yang dibuat dan untuk mengetahui seberapa jauh aplikasi tersebut bisa dijalankan dengan baik atau tidak.

0 komentar :

Posting Komentar